Sekilas Tentang Film Animasi Weathering With You

FILM

Untuk Anda penggemar film animasi Jepang, Makoto Shinkai akan menyuguhkan karyanya yang berjudul Weathering With You. Film ini mengisahkan tentang remaja yang pergi dari rumah ke Ibukota serta khayalan seorang gadis yang dapat mengontrol cuaca. Ternyata latar belakang kisah ini terinspirasi dari mitos Jepang yang populer.

 Masyarakat Jepang zaman dahulu percaya bahwa di setiap negara atau kawasan ada seorang gadis sinar matahari. Pada film Weathering With You Tokyo mengalami musim hujan yang tak berakhir. Para penduduk resah karena merindukan sinar matahari. Walaupun sekilas tapi Shinkai juga sempat menceritakan tentang sejarah kota Tokyo di sini.

Synopsis film Weathering With You

Hodaka (Kotaro Daigo) adalah remaja yang tinggal di Shikoku, yaitu sebuah desa kecil di pelosok. Pemuda ini ini lalu memutuskan untuk pergi dari rumah dan tinggal di ibukota. Dia pun menumpang kapal untuk menuju Tokyo dan tanpa sengaja bertemu Keisuke (Shun Oguri), seorang pria yang menyelamatkannya. Pria aneh itu lalu memberi Hodaka kartu namanya.

Di Tokyo Hodaka mengalami banyak masalah toottbet termasuk kehabisan bekal dan uang hingga dirinya beberapa kali bermalam di jalanan. Setelah merasa tidak tahan pemuda ini pun menghubungi Keisuke. Pria itu ternyata pemiliki penerbitan majalah kecil dan memberi tawaran pekerjaan kepada Hodaka untuk menulis tema-tema yang mistis dan supranatural untuk dimuat di majalahnya. Hodaka pun setuju.

Satu hal yang menarik perhatiannya adalah cuaca di kota Tokyo yang aneh, yaitu hujan yang terus-menerus mengguyur tanpa peduli musim. Hodaka pun mendengar gossip tentang gadis sinar matahari yang memiliki kekuatan untuk mengendalikan cuaca dan berniat menyelidikinya. Dia ingin mencari gadis itu untuk membuat cuaca Tokyo kembali cerah.

Investigasinya lalu membawanya bertemu dengan Hina Amano (Nana Mori), gadis sinar matahari yang selama ini dicarinya. Bagaimana kisah mereka selanjutnya? Anda bisa menyaksikan Weathering With You di bioskop Indonesia mulai tanggal 21 Agustus 2019.

Review singkat Weathering With You

Selain jalan ceritanya yang menarik, yaitu menyangkut romansa remaja yang lugu dan jenaka, menyaksikan karya-karya Shinkai mata penonton seolah dimanjakan dengan visual yang apik. Anda bahkan dapat melihat jelas gambaran landscape ibukota Jepang ini dalam nuansa yang melankolis dengan langitnya yang selalu berhias mendung tebal serta gemericik hujan.

Para karakter pada film animasi ini juga ditampilkan dengan kekhasannya masing-masing. Hodaka, anak kampung yang sedikit pemberontak namun naïf. Segala masalah yang ditemuinya selalu ditanyakan solusinya pada Yahoo Answer. Salah satu pertanyaan yang cukup epic dari Hodaka adalah, hadiah yang bagus untuk gadis berumur 18 tahun.

Berikutnya adalah Hina, gadis yang merahasiakan kekuatan hebatnya dalam mengendalikan cuaca. Hina digambarkan sebagai gadis yang polos dan baik hati. Dia mempunyai adik bernama Nagi yang benar-benar membuat penonton jatuh hati dengan kelucuannya. Usianya yang muda ternyata bukan alasan untuk mengalahkan Hodaka dalam pengalaman percintaan. Selain itu tentu saja ada Keisuke si pemilik sekaligus editor majalah dan Natsumi, salah satu karyawan penerbitan tersebut.

Satu lagi yang begitu mengundang perhatian dalam film ini adalah arahan musiknya. Setelah sukses menggarap music dalam film Your Name (2016), Radwimpis kembali untuk menangani music dalam film Weathering With You. Satu scene yang dapat dibilang iconik pada film ini adalah saat Hina dan Hodaka melayang-layang di langit diiringi lagu Grand Escape. Seru, bukan?

Nah, selamat menonton.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*